Pameran Seni Rupa Nusantara 2013: “Meta Amuk”

meta-amuk

KEMBALI, Galeri Nasional Indonesia (GNI) akan menghelat pameran dua tahunan, yakni Pameran Nusantara (PamNus) 2013. Seperti biasa, pameran ini terbuka bagi seniman dari mana saja di seantero wilayah Indonesia untuk mendaftar dan mengaplikasi, di samping tentu saja panitia juga memberi undangan khusus bagi beberapa seniman yang selama ini berkarya dengan kecenderungan karya yang pas dengan karakter tema kuratorial.

meta-amuk
Adapun tema kuratorial PamNus kali ini adalah “Meta-Amuk”, yang secara harfiah kurang lebih berarti “melampaui aksi kekerasan amuk” (lihat detilnya di pengantar kuratorial di lampiran bawah). Tema ini dirasakan pas dengan kurun waktu sekarang ini ketika bangsa dan Negara Indonesia tengah masuk dalam masa peralihan kekuasaan dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke pemimpin berikutnya tahun 2014 depan.

Tema ini tentu tidak berarti ketat membincangkan perihal politik karena ada pendar-pendar persoalan sosial budaya kemasyarakatan yang berkait dengan soal tersebut. Di sinilah peran seniman peserta diharapkan bisa memberi pengayaan tafsir atas tema ini, yang berkaitan dengan budaya kritik, protes serta perlawanan dalam tradisi di banyak kalangan di Nusantara.

Tim kurator yang bekerja bagi PamNus kali ini adalah Kuss Indarto dan Asikin Hasan, keduanya kurator Galeri Nasional Indonesia. PamNus sebelumnya, yakni tahun 2011 bertema “Imaji Ornamen” dan tahun 2009 bertajuk “Menilik Akar”.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Powered by WordPress | Designed by: best suv | Thanks to trucks, infiniti suv and toyota suv